Jumat, 06 September 2013

Contoh Teks drama perpisahan yang diperankan oleh 6 orang

Contoh Teks drama perpisahan yang diperankan oleh 6 orang

Naskah Drama Perpisahan
Perpisahaan
Cerita ini menceritakan perpisahaan sekolah 5 orang sahabat 

 Di sebuah sekolah di suatu desa hiduplah 5 orang anak SMK yang sangat bersahabat mereka selalu bersama selama 3 tahun senang susah mereka lewatkan bersama dengan penuh keceriaan, dan saling tolong menolong jika ada sahabat mereka yang membutuhkan pertolongan. Namun mereka harus mengalami perpisahaan sekolah, yang mengharukan.

            Di sawah di bawah pohon duduklah 3 orang anak sedang memandangi indah padi menguning sambil mengobrol.

Indah         :” hmm waktu terus berjalan dengan cepatnya, tak terasa masa-masa SMK kita akan akan berakhir yuli.
Yuli           :” iya yah tak terasa masa-masa SMK kita akan berakhir padahal aku merasa baru kemarin aku perkenalan dengan mu, eh ternyata sudah hampir  2 tahun lebih kita bertemu.
Indah        :’’iya yul,, ? hmm ngomong2 lulus SMK kamu mau kemana ? lanjutin kuliah kah, apa mau langsung kerja ?
Yuli           :”aku akan ke Jakarta sobat,, ibu ku menyuruh ku untuk kuliah di sebuah universitas swasta, aku akan menuruskan jurusan di SMK ku,
Indah        :” kamu akan mengambil jurusan akuntansi kawan ?
Yuli           :” iya, aku akan mangambil jurusan akuntansi, aku ingin memperdalam ilmu akuntansi    karena cita-cita ku ingin menjadi seorang akuntan.

                        Tiba-tiba sadiyah datang dari tampak kejauhan

Syadiah   :” haii,, kawan,,(dengan melambaikan tangan kearah mereka dengan penuh keceriaan )
Indah,yuli :’’ Syahdiah kemari lah !!!
Syadiah   :”Baik aku akan kesana (sadiah pun berjalan menuju mereka berdua) Loh kalian kenapa Nampak murung ?
Yuli           :’’ga apa apa ko sobat aku hanya sedih karena sebantar lagi kita akan melewatkan masa-masa SMK kita yang penuh dengan keceriaan,, (sambil tersenyum kearah syahdiah)
Syahdiah :”kenapa harus bersedih. toh,, meskipun nantinya kita ga satu universitas kita masih bias bertemu di waktu libur kaann !!!! (sambil menatap mereka dengan penuh keceriaan )
Indah        :”iya kamu benar sobat (dengan menatap sahdiyah dengan senyuman)
Syahdiah :” Hmm, ngomong-ngomong nanti kita akan menampilkan apa ? di acara perpisahaan ( dengan menatap indah & syahdiah)
Indah        :”bagaimana kalau itu nanti kita bicarakan kembali di sekolah dengan Wulan, eva,
Sahdiyah :” siipp,, aku setujuu,,, ideh yang bagus
Yuli            :” udah sore nih kita pulang yuk,,
Indah         :” iya udah sore
Syahdiah   :”mari menuju rumah masing-masing

                 Keesokan harinya di pagi yang indah dengan udara yang sejuk mereka bertiga  yaitu: eva, wulan, yuli  berjalan bersama menuju sekolah,, untuk melaksanakan UN terakhir mereka yaitu mata pelajaran b. Indonesia

Eva          :”Duh yuli mana yaa, ko lama benget,,, sudah jam 6 nihh
Wulan      :”ya ampun sobat, baru juga jam 6,, toh di sekolah juga masih sepi,,
Eva          :”iya aku tahu,, tapikan aku harus membersihkan kelas terlebih dahulu sebelum melaksanakan ujian
Wulan      :”eva itu yuli,, (sambil menunjuk kearah yuli)
Yuli           :”maaf yaa sobat kalian nunggu akunya agak kelamaaan, tadi aku di suruh ibu untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat.
wulan       :”iya gapapa ko,, (sambil tersenyum kearah yuli)
Eva          :”ko aku jadi dek dek kan ya, untuk menghadapi UN terakhir ini
Yuli           :”iya, sam aku juga dek dek kan nih,, semoga kiya semua di mudahkan dalam menghadapi UN terakhir ini.
Eva,wulan :”iya amin (sambil tersenyum)
                 
                  Setelah beberapa menit kemudian mereka berjalan akhirnya mereka sampai di sekolah

Indah         :”hai kalian,, baru datang ?
Eva            :”iya,, yuk kita ke kelas
Yuli            :”oke

                  Akhirnya mereka pun sampai di kelas, setelah berapa menit mereka duduk bel pun berbunyi, dan pengawas UN’a pun memasuki ruang kelas mereka dan ternyata yang mengawas UN kali ini adalah wali kelas mereka.

Guru(fazlika)   :” selamat pagi anak-anak,,
kami                :”pagi buu
Guru(fazlika)   :”hari ini adalah hari terakhir kalian dalam melaksanakan UN ibu berharap sebagai wali kelas kalian, kalian mendapatkan nilai yang maksimal,, nilai yang kalian harapkan untuk menempuh ke jenjang yang lebih tinggi nantinya.
Kami                :”iya buu,,

                  Akhirnya mereka pun telah selasai mengerjakan soal UN dengan baik

Yuli                 :” alhamdulilah, akhirnya kita semua telah selesai menengerjakan soal soal dengan lancar.
Indah               :”iya alhamdulilah, senang’a semoga nilai-nilai kita sesuai dengan yang kita harapkan
Eva                  :”amin
Wulan              :”oya, pada acara perpisahan nanti kita mau menampilkan apa ?
sadiyah            :”ga tahu aku juga bingung
                 
                  tiba-tiba wali kelas kita datang menghampiri kita

Guru(fazlika)   :”anak-anak,
Kami                :’’iya buu
Guru(fazlika)   :”pada acara perpisahan nanti kalian mau menampilkan apa ?
Eva                  :’’entahlah bu,, kita juga sedang memikirkanya
 Guru(fazlika)  :”oya, tadi ada pesan dari kepala sekolah, bahwa kelas kita di tunjuk untuk jadi obade, menyayikan lagu perpisahan pada acara perpisahan nanti,,
Wulan              :”benarkan bu ?
Guru(fazlika)   :”iya,,
Eva                  :”kapan kita mulai berlatih ? bu
Guru(fazlika)   :”Dimulai hari esok, ibu tunggu kalian di ruang seni
Kami                :”iya buu

                  Keesokan harinya mereka pun mulai berlatih menyanyi lagu perpisahaan pada acara perpisahan dan yang melatih merekan menyanyi adalah wali kelas mereka yng kebetulan guru seni

Ibu(fazlika)                  :”mari anak-anak kita mulai latihan kita
Kami                :”Iya buu

                  Mereka pu terus berlatih tak kenal lelah untuk menampilkan yang terbaik pada acara perpisahan,, 

Indah               :”hari ini adalah hari terakhir kita latihan,, padus,,
Yuli                  :”iya,,
Wulan              :”oya, besok adalah pengumuman lulus atau ga lulusnya kita,,
Eva                  :”duh aku ko jadi dek dek kan yaa,,
Indah               :”sama aku juga dek dekan banget
Sadiyah           :”gimana kalau di antara kita ada yang ga lulus
Eva                  :”huss,, kamu apaan si sadiyah,, pikiran mu tuh selalu negative thinking,, ingat omongan tuh sama aja doa (sambil menatap ke sadiyah)
Yuli                  :”duh jangan membuat kita semakin dek dek kan donk (menatap sinis sadiyah)
Wulan              :”emangnya kamu mau diantara kita ada yang ga lulus ?
Sadiyah           :”iya. Maaf teman-teman,, maaf atas perkataan ku tadi,, aku ga bermaksud apa-apa ko,,
Indah               :’’iya kita maafin,, tapi lain waktu jangn di ulangi lagi
Eva                  :”tahu tuh kalau bicara jangan seenaknya ceplas ceplos donk (menatap sinis sadiyah)
Sadiyah           :’’iya , iya aku minta maaf
Guru(fazlika)   :’’anak-anak ada apa nih ko rebut ?
Eva                  :’’ini bu sadiyah nakut nakuti kita,,
Guru(fazlika)   :”emang apa yang kau katakana pada temanmu sadiyah ?
Sadiyah           :”bukan apa apa ko bu,, aku Cuma bilang bagaimana kalau di antara kita ada yang ada lulus
Guru(fazlika)   :”sadiyah, kamu ga boleh bicara yang gag a,, kita harus yakin bahwa kita semua akan lulus (menatap ke kita)
eva                  :”tuh dengerin sadiyah
sadiyah            :”iya aku minta maaf (sambil menatap kita dengan penuh penyesalan)
Guru(fazlika)   :’’yasudah ibu permisi dulu
Kami                :”iya bu

                  Hari ini adalah pengumuman lulus atau ga lulusnya murit-murit,, sekalipun pembagian hasil UN di mana setiap murit terlihat cemas karena takut hasil UN mereka jelek

Indah               :’’duh aq dek dekan banget nih,, aku takut aku ga lulus
Wulan              :”sama aku juga dek-dekkan banget tapi kita harus yakin bahwa kita pasti semua akan lulus
Indah               :”amin
Wulan              :”itu yuli ( sambil menunjuk kearah yuli )
Indah               :”yuli ?? (memanggil namanya)
Yuli                  :”kalian (cepat-cepat menghampiri mereka)
Wulan              :”kamu udah melihat pengumumanya ?
Yuli                  :”belum dari tadi aku gelisah,, aku ragu-ragu untuk melihat hasilnya sendirian

                  Nampak eva berlari terburu-buru menghapiri kita dengan wajah yang ceria

Eva                :”kalian,, aku lulusss,, dengan hasil yang ku harapkan ( dengan wajah yang berseri-seri)
Wulan            :”alhamdulilah
Eva                :” kalian udah melihat pengumumannya ??
Indah              :”belum,, kami ingin melihatnya, tapi ragu-ragu
Eva                :”kenapa harus ragu-ragu,, ayoo kita lihat pengumumanya,, aku yakin kalian parti lulus (sambil memaksa kita untuk melihatnya)
                 
                  Tibalah mereka di depan papan pengumuman

Yuli                 :”horee aku lulus, indah, wulan, kamu juga lulus
Indah              :’’ benarkah,, ??
Yuli                 :’’ iya,, coba kamu lihat !!
Indah              :”iya, lulus
Wulan            :”senamgnya kita semua lulus dengan nilai yang memuskan (sambil menatap kita dengan terharu)
Eva                :’’oya,, sadiyah kemana ?
Wulan            :”itu sadiyah,, (sambil menunjuk kea rah sadiyah)
Indah              :”loh, kenapa ia Nampak murung ?
Eva                :” coba kita samperin sadiyah (menuju kea rah sadiyah)
Indah              :”sadiyah kamu kenapa ?
Sadiyah         :”aku aku ( tampak gugup)
Yuli                 :”aku kenapa sadiyah ??
Sadiyah         :”aku aku ga gag gag
Eva                :”ga kenapa ?? (dengan penuh kecemasan)
Indah              :”sadiyah kamu jangan membuat kita semakin cemasss,, kata kan lahh
Yuli                 :” kamu lulus kaann ??
Sadiyah         :”aku gaaaa
Yuli                 :”ga kenapa ?
Sadiyah         :”ga salah lagi bahwa aku lulus, hahahahahahahaha ( tertawa berbahak-bahak)
Eva                :”sadiyah kamu ini,, tega-teganya udah buat kita panik,,
Indah              :”kamu tuh ga peduliin perasaan kita tahu ga ? aku tuh udah panik banget,, kita takut kamu ga lulus
Sadiyah         :” heheheheh
Wulan            :”ketawa lagi
Eva                :”SADIYAHHHH,,         GEREGETEN AKU SAMA KAMU,,,…. (sambil mengejar sadiyah) (akhirnya kita pun ikut mengejar sadiyah)
Sadiyah         :”hahaha iya maaf

                  Keesokan hari’a adalah hari dimana acara perpisahaan berlangsung,,,pada suasana malam yang dingin

Ibu(fazlika)      :”anak-anak bagaimana ? sudah siapkah kalian untuk tampil
wulan             :” iya,,bu siap
sadiyah          :”duh,, bu ko jadi dek dekan sii
ibu(fazlika)     :”rileks aja,, mari anak-anak kita keatas panggung yang lain sudah tidak sabar  ingin melihat penampilan kalian
sadiyah          :”iya buu,, ayo teman-teman (sambil mengajak yang lain untuk ke atas panggung)

                  Sampailah mereka di atas panggung yang megah ini para murit-murit bersauntan manyambut penampilan mereka

Ibu(fazlika)                  :”assalamualaikum wr.wb. marilah anak anak kita saksikan penampilan teman-teman kalian

                  Tim obade pun mulai menyayikan lagu tersebut
Kami                :” Terima kasihku kuucapkan
Pada guruku yang tulus
Ilmu yang berguna selalu dilimpahkan
Untuk bekalku nanti

Setiap hariku dibimbingnya
Agar tumbuh bakatku
Kan kuingat selalu nasehat guruku
Terima kasih kuucapkan
                  Dan yuli pun memulai membaca ka puisi sambil diiringi lagu terima kasih guru
Yuli                 :” Tiga tahun adalah waktu yang singkat,
Untuk aku belajar , hari demi hari kulewati.
Tiga tahun adalah waktu yang singkat,
Untuk mengenal gelak tawa, gurau hingga tangis kita.
Tiga tahun adalah waktu yang singkat,
Untuk membuat kita rindu masa-masa di ruangan ini.

Sesaat setelah ini…
Tak kutemui lagi sosok wibawa guruku,
Yang begitu sabar membimbing dan mendidikku,
Sejak kepompong hingga menjadi kupu-kupu,
Mendorongku untuk mengejar cita-cita.

Sesaat setelah ini…
Tak kutemui lagi, sosok riang, usil dan penuh canda,
Sahabat-sahabatku tercinta.
Tak kutemui lagi, wajah manis dan cemberut ibu kantin,
Tiap kali aku menumpahkan minuman di mejanya.

Perpisahan ini harus terjadi, walau berat aku ungkapkan,
Kadang kesedihan selalu mengirinya,
Namun jangan membuat kita menangis.

Perpisahan bukan akhir dari segalanya,
Karena suatu hari nanti,
Kita pasti akan bertemu kembali.

Terima kasih Guruku,
Engkau adalah pahlawanku, sekarang dan selamanya,
Terima kasih sahabatku tercinta,
Kita boleh berpisah, namun aku akan selalu merindukan kalian.


            Ketika yuli telah selesai membacakan puisi tersebut, dan tim obade pun telah selesai menyayikan lagu menyayikan lagu perpisahaan. Mereka pun langsung berlari ke balakang panggung dengan isakan tangis yang meharukan,, dan saling berpelukan.

Eva                :” kawan-kawan ku mohon jangan pernah lu pakan aku, meskipu kita nantinya tidak satu universitas
wulan             :”iya ku mohon juga jangan pernah lupakan aku (dengan isakan tangis)
syadiyah        :”maafkan aku kawan jika aku sering manjaili kalian
indah              :”iya kita masih bias ketemu ko, meskupun nantiya kita ga satu sekolah
yuli                 :”iya, kawan,, aku sayang kalian aku ga mau kehilangan kalian ( sambil memeluk teman-temanya dengan erat

            tiba-tiba wali kelas mereka datang
guru(fazlika)  :”anak-anak (dengan wajah tersenyum)
Kami             :”ibu (sambil barlarian menuju sang wali kelas dan langsung memeluk erat sang wali kelas)
Kami             :”ibu, maafkan kami jika kami telah banyak merepotkan mu bu,, maafkan kami jika kami telah banyak membuat ibu marah
Ibu(fazlika)   :”iya, ibu juga minta maaf jika selama ini ibu suka memarahi kalian, toh itu demi kebaikan kalian
Kami             :”iya buu
Ibu(fazlika)   :”pesan ibu, railah cita-cita kalian, teruslah berusaha, berusahan dan tentunya di iringi dengan doa agar kalian menjadi anak yang sukses
Kami             :”baik ibu (sambil memeluk sang wli kelas dengan erat)




Selesai






















8 komentar:

  1. Makasih kak masukkannya
    Boleh dipakek materi dramanya
    Sekolah ku 2 bln lagi ada perpisahan
    Materinya Keren

    BalasHapus
  2. makasihhh bangett.. naskah ini bs jadi inspirasi

    BalasHapus
  3. hatur nuhun kakka atas dramanya

    BalasHapus
  4. Makasih kaka, mnginspirasi pisan..

    BalasHapus
  5. Makasih kaka, mnginspirasi pisan..

    BalasHapus
  6. Terima kasih,bagus ini drama,udah capek nyari",akhir nya dapat jga yang bagus
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. makasih ka cuman penulisan nya aja yang kurang rapih :(, tapi selain dari itu bagus semua kok cerita nya seru

    BalasHapus